Buat Website Sendiri

Mengenal Fasilitas Comment dari WordPress

Mengenal Fasilitas Comment dari WordPress – Saat melihat situs WordPress Anda yang pertama, pastilah Anda melihat adanya informasi bahwa telah ada 1 comment (komentar) atas post pertama WordPress. Ini adalah comment standar yang dibuat oleh WordPress.

mengenal fasilitas comment dari wordpress

Untuk melihat comment tersebut, Anda bisa klik judul post tersebut atau klik link Comments. Untuk memberikan komentar balasan, Anda cukup mengetikkan komentar Anda di tempat yang telah tersedia dan klik tombol Submit Comment. Cara ini berlaku bila Anda telah login ke account WordPress Anda.

Namun bila Anda belum membuat account WordPress di website tersebut, maka Anda harus memasukkan informasi Nama, Alamat e-mail, Alamat website (optional), dan isi komentar Anda; lalu klik tombol Submit Content.

Selaku seorang Administrator website WordPress, sebaiknya Anda juga memastikan bahwa spam comment diminimalisasi. Untuk itu, Anda perlu mencermati beberapa setting untuk masalah comment yang bisa Anda jumpai dengan mengklik menu Setting – Discussion di Dashboard:

  • Allow people to post comments on the article. Artinya apakah Anda memperbolehkan pengunjung website untuk memasukkan comment di artikel.
  • E-mail me whenever anyone posts a comment. Artinya apakah Anda akan mendapatkan e-mail notifikasi saat seseorang memasukkan comment.
  • E-mail me whenever a comment is held for moderation. Artinya apakah Anda akan mendapatkan e-mail saat sebuah comment dimoderasi sebelum ditampilkan
  • Before a comment appears, an administrator must always approve the comment. Artinya apakah Anda harus menyetujui comment secara manual sebelum comment tersebut ditampilkan.
  • Before a comment appears, comment author must fill out name and e-mail. Artinya apakah si pembuat comment harus mengisi nama dan alamat e-mail.
  • Before a comment appears, comment author must have a previously approved comment. Artinya apakah komentar sang pembuat comment harus pernah disetujui sebelumnya

Sebaiknya ketiga opsi di bagian “Before a comment appears” dicentang, sehingga:

  • Untuk memasukkan comment, pengunjung website haruslah menyertakan nama dan alamat e-mail mereka.
  • Comment yang ditampilkan hanyalah comment yang Anda setujui saja (walaupun proses ini harus dilakukan secara manual satu-per-satu).
  • Comment dari orang-orang yang pernah Anda setujui sebelumnya akan langsung ditampilkan tanpa melalui proses moderasi (setidaknya pekerjaan Anda menyortir comment lebih diperingan)

Nah, bagaimana cara menangani comment? Klik menu Comments dan Anda akan melihat daftar seluruh comment yang masuk.

Ada 3 pilihan untuk masing-masing comment:

  • Approve: bila Anda menyetujui comment tersebut untuk ditampilkan di website
  • Spam: bila Anda menilai comment tersebut bersifat spam dan melaporkannya kembali ke WordPress.com
  • Delete: bila Anda ingin menghapus comment itu

Menangkal Spam Comments

Bila Anda cermati, akan banyak spam comment yang masuk ke website WordPress Anda. Tentu saja hal ini akan memakan banyak waktu dan tenaga Anda untuk menyortir semua spam comment tersebut. Tenang, kini saatnya Anda menggunakan plugin Akismet yang telah disediakan secara default oleh WordPress.

Plugin adalah modul program tambahan yang memungkinkan WordPress melakukan apa saja yang Anda inginkan. Klik menu Plugins dan Anda akan melihat daftar plugin yang telah dikenali WordPress di website Anda, yaitu Akismet dan Hello Dolly.

Akismet adalah plugin yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg, sang pencipta WordPress, untuk memeriksa apakah suatu comment termasuk spam ataupun tidak. Sedangkan Hello Dolly hanyalah contoh suatu plugin yang akan menampilkan lirik lagu Hello Dolly. Anda bisa menghapus plugin tersebut.

Untuk mengaktifkan plugin, Anda cukup klik link Activate di samping plugin tersebut. Akan muncul suatu pemberitahuan di bagian atas bahwa plugin telah diaktivasi. Perhatikan, ada peringatan dari plugin Akismet bahwa Anda harus memasukkan WordPress.com API key. Mari Anda klik link tersebut.

WordPress.com API key adalah sederetan angka dan huruf unik, khusus untuk Anda; sehingga Anda dapat menggunakan berbagai layanan (service) dari WordPress.com. API key ini bisa Anda dapatkan bila Anda mendaftarkan diri di situs WordPress.com.

Note:

Pastikan Anda membedakan antara WordPress.org dan WordPress.com. WordPress.org adalah situs di mana Anda bisa mendownload aplikasi WordPress dan segala sesesuatu yang terkait dengan WordPress (themes, plugins, dll). Sedangkan WordPress.com adalah website di mana Anda bisa menggunakan layanan yang terkait dengan WordPress, misalnya memiliki website WordPress tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Demikian info tentang mengenal fasilitas comment dari wordpress semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Comment