Pengaturan Setting Standard di Wordpress

Pengaturan Setting Standard di WordPress

Pengaturan Setting Standard di WordPress – Setelah Anda mengetahui betapa mudahnya membuat artikel (baik Post maupun Page) di WordPress, kini mari belajar pengaturan setting di WordPress. Tapi ingat, semua di WordPress tetap saja MUDAH! Anda klik menu ”Setting”.

Pasukan Synergy

Pengaturan Setting Standard di WordPress

Ada setidaknya 6 jenis setting standard di WordPress, yaitu:

  1. General
  2. Writing
  3. Reading
  4. Discussion
  5. Media
  6. Permalinks

Tetapi untuk pemula yang paling penting adalah setting di general dan permalinks saja.

Di General Setting, Anda perlu mencermati:

  • Blog Title dan Tagline adalah sesuai dengan apa yang kita tentukan saat instalasi WordPress. Bila Anda merasa kurang cocok, maka Anda bisa merubahnya di sini. Kedua setting ini juga sangat menentukan dalam SEO (Search Engine Optimization) yang akan kita bahas pada pertemuan-pertemuan berikutnya.
  • Pastikan E-mail Address diisi dengan alamat e-mail Anda yang benar agar Anda menerima pemberitahuan dari WordPress tentang pendaftaran user baru, komentar yang baru masuk atau komentar yang perlu dimoderasi
  • Untuk opsi Membership – Anyone can register, sebaiknya Anda nonaktifka Menonaktifkan opsi ini berarti siapapun tidak bisa mendaftarkan dirinya di situs WordPress Anda. Hal ini lebih baik dari sisi keamanan sistem.
  • Pastikan opsi New User Default Role diatur ke Subscriber. Hal ini untuk memastikan bahwa pengunjung yang mendaftarkan diri ke situs WordPress Anda hanya memperoleh hak yang paling minimal yaitu Subscriber (hanya bisa berlangganan posting), sehingga risiko keamanan juga lebih diminimalisasi.
  • Pastikan Timezone telah diatur dengan benar. Bila Anda menggunakan penunjuk Waktu Indonesia Barat (WIB), maka Anda bisa memilih UTC+7 atau Jakarta.
  • Pada Date Format dan Time Format pilih tampilan tanggal dan waktu yang Anda inginkan di website.
  • Site Language diisi dengan bahasa yang Anda inginkan.

Permalinks Setting

Setting ini berguna untuk penamaan URL website Anda. Bila Anda perhatikan, situs WordPress Anda menggunakan penamaan URL yang cukup sulit diingat, misalnya http://DomainAnda.com/?p=2

Padahal perlu Anda ketahui bahwa memiliki URL yang mudah dibaca sangatlah penting, baik bagi para pengunjung situs, maupun bagi Search Engine. Dengan mengikutsertakan keyword (kata kunci) dalam URL, Anda menginformasikan kepada mereka tentang isi halaman situs tersebut.

Pasukan Synergy

Bayangkan, dengan URL seperti di atas (http://DomainAnda.com/?p=2), kira-kira apakah pengunjung situs maupun Search Engine bisa tahu URL tadi membahas tentang apa?

Lain halnya bila URL tersebut Anda ganti menjadi  http://DomainAnda.com/bakpia-jogja, tentu saja menjadi lebih mudah dimengerti bukan?

WordPress telah menyediakan layanan ini, yang disebut dengan Permalinks (dari Dashboard, klik Settings – Permalinks)

Ada beberapa format URL yang disarankan:

  • %category%/%postname% sehingga hasilnya menjadi http://DomainAnda.com/makanan/bakpia-jogja
  • %postname% sehingga hasilnya menjadi http://DomainAnda.com/bakpia-jogja

Ini adalah upaya yang dinamakan dengan SEO – Search Engine Optimization. Search Engine Optimization adalah suatu proses untuk memperbaiki kualitas dan jumlah trafik ke suatu situs dari Mesin Pencari (Search Engine) melalui hasil pencarian natural/organik untuk kata kunci (keyword) tertentu. WordPress sangat memudahkan tugas Anda dalam melakukan SEO untuk situs-situs Anda. Salah satu langkah SEO di WordPress baru saja Anda lakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Demikian info tentang Pengaturan Setting Standard di WordPress semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.