Membuat Category dan Tag pada Wordpress

Membuat Category dan Tag pada WordPress

Membuat category dan tag pada wordpress – Untuk mempermudah pengunjung website mencari artikel yang terkait, pastikan Anda memanfaatkan category dan tag. Category pada website merupakan suatu fasilitas dari wordpress yang digunakan untuk membagi postingan artikel ke dalam beberapa bagian (kategori) tertentu. Sedangkan tag merupakan suatu fasilitas dari wordpress yang digunakan untuk menandai postingan artikel menjadi topik-topik tertentu dengan sifat yang lebih spesifik dari pada category.

Membuat Category dan Tag pada WordPress

Fungsi category dan tag

Sebenarnya fungsi kedua fasilitas dari wordpress ini hampir sama, hanya tingkat spesifikasinya saja yang berbeda. Fungsi category yaitu untuk mengelompokkan atau kategorisasi postingan artikel dan juga untuk mempertajam SEO (Search Engine Optimization) pada postingan artikel website Anda. Sedangkan untuk fungsi dari tag pada website yaitu untuk pengelompokkan postingan artikel yang lebih fleksibel.

Untuk memberikan category pada postingan artikel, Anda harus mengatur category terlebih dahulu yaitu dengan cara klik menu Manage –> Categories.

Anda bisa melihat daftar category yang telah ada. Bila Anda ingin menambahkan category baru, silakan Anda klik link add new. Anda perlu memasukkan:

Pasukan Synergy
  • Category Name dengan nama category yang Anda inginkan, misalnya Traffic
  • Category Slug adalah bagian dari alamat URL untuk category tersebut; biasanya dalam huruf kecil dan hanya mengandung huruf, angka, dan tanda sambung atau minus (-), misalnya traffic
  • Category Parent dengan category yang merupakan level lebih ata Misalnya untuk category Traffic, Anda memiliki dua subcategory yaitu PPC dan SEO; maka saat membuat subcategory PPC, Anda menyebutkan Traffic sebagai category parent-nya
  • Description dengan penjelasan tentang category tersebut

Setelah itu, Anda klik tombol Add Category.

Lalu bagaimana menentukan bahwa suatu post itu termasuk ke dalam category tertentu?

Sangat mudah. Anda hanya cukup mencentang category yang relevan untuk post tersebut. Namun demikian, terkadang penggunaan category kurang bisa diaplikasikan. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan Tag karena dengan Tag, Anda bisa menghubungkan content dengan keyword yang spesifik, tanpa hirarki tertentu.

Contoh:

Anda memiliki tiga kelompok bahasan (tag), yaitu:

Pasukan Synergy
  • WordPress Tips
  • Internet Monetization
  • SEO

Nah, bila Anda menuliskan artikel yang membahas mengenai “Tips WordPress untuk mendongkrak SEO situs dalam mencari peluang bisnis di Internet”, maka penggunaan tiga tag di atas bisa membantu Anda.

Ada dua cara untuk mendaftarkan tag:

  1. Lewat menu Manage – Tags (caranya mirip dengan penambahan categories seperti yang dibahas di atas)
  2. Langsung saat menulis artikel

Jadi saat mengetikkan Title dan Post, Anda bisa menentukan tags yang terkait dengan artikel tersebut. Anda cukup mengetikkan tag tersebut dengan dipisahkan tanda koma, misalnya “WordPress Tips, Intenet Monetization, SEO” dan klik tombol Add.

Demikian info tentang membuat category dan tag pada wordpress semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

ADD YOUR COMMENT

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.